Selasa, 22 Oktober 2013

5 cara membuat mata tetap sehat di zaman digital


Zaman digital membuat kita selalu terhubung dengan perangkat elektronik, baik itu ponsel, tablet, komputer, dan lain sebagainya, dalam waktu cukup lama dan terus-menerus. Tak pelak, hal ini membuat kita harus ekstra hati-hati merawat mata. Karena, tanpa mata akan gelap seluruh dunia. Simak lima cara membuat mata tetap sehat di zaman digital, sebagaimana dilansir infospesial.net

1. Ubah Pola Makan 
Konsumsilah makanan yang bisa meningkatkan kesehatan mata. Khususnya antioksidan, yang berperan dalam kesehatan mata, yaitu lutein. Antioksidan ini banyak terdapat pada jenis sayuran, buah-buahan, telur, dan minyak ikan.

2. Terapkan aturan 20-20-20 
Jika kamu adalah orang yang harus berada di depan layar komputer setiap hari, cobalah terapkan aturan 20-20-20. Maksud dari aturan ini yaitu ambil istirahat selama 20 detik setiap 20 menit sekali untuk melebarkan pandangan kamu sejauh 20 meter. Hal ini untuk mengurangi bahaya radiasi komputer terhadap mata kita.

3. Mengubah Lingkungan 
Menjaga mata supaya tetap sehat di zaman teknologi ini adalah dengan mengatur tata letak dari lingkungan kerja. Kamu mesti bisa mengatuh kecerahan serta kontras pada layar yang sesuai dengan mata demi menghindari sakit mata. Jika, kamu harus membaca dalam jangka waktu lama di depan komputer, ganti pengaturan ke skema pencahayaan reflektif. Pastikan kamu memberikan jarak yang cukup aman antara mata kamu dengan layar. Di samping itu semua, kamu dapat mengatur besar kecilnya teks supaya lebih terlihat dan tidak perlu menyipit-nyipitkan mata saat melihatnya.

4. Download Aplikasi Pendukung 
Saat ini banyak sekali aplikasi untuk melindungi penglihatan pada ponsel atau tablet. Eye Reader, contohnya. Dengan memakai aplikasi ini, kamu bisa menerangi halaman dan memperbesarnya sampai lima kali pembesaran. Selain itu, ada juga aplikasi Vision Test yang bisa mengukur jarak penglihatan, akurasi warna, dan persepsi visual.

5. Konsultasi Dokter
Kamu tak harus menunggu sampai mata kamu benar-benar rusak untuk ke dokter. Datang saja ke dokter mata secara rutin untuk memeriksakan mata. Ini untuk memastikan mata kamu baik-baik saja. Hal ini pasti sangat penting, khususnya bagi kamu yang memiliki risiko gangguan mata bawaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar